Penulis: Beni Saptiyanto, Editor: Teguh Purnomo

Kota Semarang, 3 Juli 2025 — Dalam rangka meningkatkan kapasitas kepemimpinan pendidik dan memperkuat identitas kelembagaan, Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyelenggarakan workshop bertajuk “Leadership & School Branding: Highlights how leadership should guide both school and brand identity”. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula SD Labschool UNNES dan diikuti oleh seluruh tenaga pendidik di lingkungan sekolah tersebut.
Workshop menghadirkan dua narasumber terkemuka di bidang pendidikan dan kepemimpinan, yakni Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum., dan Dr. Surahmat, M.Hum.. Keduanya memberikan kontribusi signifikan melalui pemaparan yang inspiratif dan aplikatif dalam konteks pengembangan sekolah berbasis karakter kepemimpinan dan keunggulan kompetitif.
Dalam penyampaiannya, Prof. Fathur Rokhman menegaskan bahwa branding sekolah tidak sekadar berkaitan dengan aspek visual seperti logo dan slogan, tetapi lebih kepada bagaimana setiap guru mewujudkan nilai, visi, dan identitas sekolah melalui praktik pembelajaran sehari-hari. Kepemimpinan guru, menurut beliau, menjadi elemen kunci dalam membangun budaya sekolah yang positif dan kredibel di mata masyarakat.
Sementara itu, Dr. Surahmat menyoroti pentingnya integrasi antara kepemimpinan strategis dan komunikasi publik dalam membentuk citra institusi pendidikan. Menurutnya, sekolah yang berhasil membangun branding yang kuat adalah sekolah yang mampu menunjukkan konsistensi antara nilai internal dan persepsi eksternal.
Workshop ini tidak hanya menjadi wahana refleksi, tetapi juga forum penguatan kompetensi guru sebagai pemimpin pembelajaran. Para peserta diajak untuk mengevaluasi peran masing-masing dalam membentuk budaya sekolah serta menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, inspiratif, dan transformatif.
Melalui kegiatan ini, SD Labschool UNNES menunjukkan komitmen berkelanjutan dalam menyiapkan sumber daya manusia yang unggul serta membangun positioning sebagai sekolah dasar rujukan yang berkarakter, profesional, dan berdaya saing tinggi.








Joyfull and Meaningfull Learning